Unit

Ukrida Tour and Travel

U TRAVEL (Ukrida Tour and Travel)

Dengan harga kompetitif, U Travel Melayani pembelian :

  • tiket flight domestik maupun internasional.
  • tiket kereta api
  • token listrik
  • voucher Hotel
  • pulsa elektronik HP

Saat ini U Travel berlokasi di Kampus I Ukrida

FORM PEMESANAN TIKET

Unit Pendidikan Holistik

Unit Pendidikan Holistik yang semula dikenal dengan PPK berdiri pada bulan September 2012 berdasarkan SK Rektor No. 1321/SK/UKKW/R/VIII/2012 tentang Perubahan Nama Pusat Pengembangan Kepribadian (PPK) menjadi Unit Pendidikan Holistik (UPH).

Membentuk pribadi yang tidak hanya unggul dalam bidang keilmuannya, namun juga mengasihi diri, Tuhan dan sesamanyaUnit Pendidikan Holistik UKRIDA
Unit Pendidikan Holistik (UPH) adalah unit antar fakultas yang bertanggung jawab untuk menyelenggarakan semua mata kuliah umum di lingkungan Universitas Kristen Krida Wacana. Matakuliah yang dikelola oleh UPH mencakup Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN), Filsafat, Kepemimpinan, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Visi

Menjadi mitra program studi dalam pembelajaran matakuliah umum universitas.

 

Misi

  1. Mengembangkan kurikulum matakuliah umum berbasis kompetensi.
  2. Menyelenggarakan proses pembelajaran dan suasana akademik yang bermutu , dinamis , kreatif dan inovatif untuk mencapai kompetensi lulusan yang diharapkan.
  3. Melakukan penulisan ilmiah, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang terkait dengan bidang pengembangan kepribadian.
  4. Memberdayakan sumber daya manusia di lingkungan UPH untuk pengembangan diri dan profesi.
  5. Melaksanakankan tata pamong, kepemimpinan, dan sistem penjaminan mutu.

 

Tujuan

  1. Merancang kurikulum KBK MPK untuk pengembangan mahasiswa UKRIDA secara holistik.
  2. Meningkatkan kompetensi mahasiswa melalui peningkatan mutu pembelajaran, pendayagunaan program e-learning, pengintegrasian program kemahasiswaan, dan peningkatan sistem evaluasi MPK.
  3. Meningkatkan iklim akademis melalui diskusi ilmiah, karya tulis ilmiah, dan program pengabdian masyarakat.
  4. Melaksanakan program pelatihan dan seminar terbuka untuk pengembangan diri dosen dan mahasiswa.
  5. Merencanakan dan melaksanakan anggaran, kurikulum, dan evaluasi sesuai dengan KPI UPH.

 

Pendidikan Holistik

Tuntutan agar perguruan tinggi menghasilkan lulusan dengan spesialisasi dibidangnya menyebabkan tersegmentasinya pengetahuan. Mahasiswa kurang berminat untuk mempelajari mata kuliah umum dan hanya berkonsentrasi pada mata kuliah yang relevan dengan pengembangan profesinya setelah lulus (Benson, 2012). Dalam kondisi ini pendidikan merupakan sebuah solusi agar lulusan UKRIDA khususnya memiliki pengetahuan dan keahlian spesialis dengan baik dan memahami kaitan serta pengaruhnya diluar bidang keahliannya.

Pemahaman bahwa manusia terdiri atas tubuh, jiwa, dan roh merupakan konsep dasar pendidikan holistik. Delapan prinsip pendidikan holistik menurut The World Council of Churches (WCC) (Schreiner et al., 2005) adalah sebagai berikut:

  • Berpusat pada iman bahwa Tuhan adalah pencipta dan pemelihara hidup.
  • Merupakan pendidikan untuk transformasi.
  • Berkaitan dengan pengembangan manusia seutuhnya dalam komunitas.
  • Menghargai keunikan dan kreatifitas manusia dan komunitas serta keterkaitannya.
  • Memampukan partisipasi aktif dalam komunitas dunia.
  • Mempertegas bahwa kerohanian adalah pusat kehidupan, karenanya merupakan pusat pendidikan.
  • Mendukung praksis baru (refleksi dan aksi): knowing, teaching, dan learning.
  • Berkaitan dan berinteraksi dengan berbagai macam pendekatan dan sudut pandang.

Landasan Alkitab untuk pendidikan holistik bersumber pada pemahaman bahwa:

  • Allah menciptakan manusia menurut gambarNya agar manusia dapat bertanggung jawab atas dan mengelola alam semesta (Kejadian 1:26-27).
  • Dia telah menganugerahkan kepada kita Roh Allah dan menjadikan kita manusia rohani yang dapat memahami pikiranNya (1 Korintus 2:12-16).
  • Ada keterkaitan antara iman, pengetahuan, dan hidup. Bahwa iman itu timbul dari pendengaran oleh Firman Kristus (Roma 10:17).
  • Tanpa perbuatan iman itu hakekatnya mati (Yakobus 2:17; 1:22-25).

Dalam perspektif pendidikan secara umum, pendidikan holistik tidak mengacu pada satu pendekatan atau teori tertentu melainkan integrasi dari berbagai nilai yang mendukung pandangan bahwa segala fenomena dan eksistensi di alam saling terkait (Schreiner et al., 2005). Pendidikan holistik merupakan upaya berkesinambungan untuk memahami kompleksitas dan pemenuhan hidup manusia. Beberapa teori pendukung pendidikan holistik diantaranya Multiple Intelligences (Howard Gardner), Emotional Intelligence (Daniel Goleman), Relational Consciousness (David Hay & Rebecca Nye), Constructivism & Constructivist Learning (Piaget, Vygotsky, Glasersfeld), Integral Philosophy (Ken Wilber).

Tantangan yang kini dihadapi oleh penyelenggara matakuliah umum secara global adalah meningkatkan kesadaran Civitas Akademika akan pentingnya matakuliah umum (Benson, 2012). Untuk membekali lulusan perguruan tinggi agar siap terjun kedalam kehidupan bermasyarakat dan dunia kerja, matakuliah umum dan pengetahuan budaya yang tergabung dalam rumpun MPK mempunyai peranan yang sama pentingnya dengan pengetahuan dan keahlian profesional.

Di UKRIDA, luaran MPK yang diharapkan adalah pribadi yang tidak hanya unggul dalam bidang keilmuannya, namun juga mengasihi diri, Tuhan dan sesamanya. Mahasiswa UKRIDA yang telah lulus MPK diharapkan menyatakan kasihnya melalui sikap dan karya yang nyata bagi masyarakat disekitarnya. Mereka juga diharapkan terus bertumbuh sebagai pembelajar sepanjang hayat.

 

KONTAK KAMI

UPH UKRIDA
UKRIDA Kampus I Gedung E Lt. 2
Jl. Tanjung Duren Raya no. 4  Jakarta Barat 11470
Telp. 021-5666952 (Ext 1136)
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Ukrida Learning Center

PUSAT MEDIA PEMBELAJARAN (PMP)
"Transforming Learning Through Technology"

Konsep pembelajaran di abad ke-21 menuntut suatu perubahan yang sangat signifikan. Hal ini disebabkan karena generasi yang dihadapi oleh para pengajar pada saat ini adalah “Net Generation”, yaitu orang - orang yang lahir pada era teknologi informasi berbasiskan komputer dan internet. Generasi tersebut hidup dalam suatu era dimana seseorang memiliki ketergantungan yang sangat besar terhadap gadget atau alat-alat elektronik lainnya.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut, media pembelajaran pun beralih ke arah penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Melalui teknologi yang semakin beragam, pembelajaran dapat dikembangkan secara lebih kreatif dan menarik. Menanggapi perkembangan tersebut, Pusat Media Pembelajaran (PMP) Ukrida dibentuk pada tanggal 5 Desember 2012. PMP Ukrida berkomitmen untuk mentransformasikan proses pembelajaran dengan menggunakan berbagai teknologi pendukung dengan motto “Transforming Learning Through Technology”.

PMP Ukrida melengkapi pembelajaran konvensional dengan pembelajaran berbasis elektronik atau yang lebih dikenal dengan e-learning. Dengan menggunakan teknologi learning management system (LMS) berbasis moodle, dosen dan mahasiswa dapat berinteraksi di luar kelas kapan pun dan dimana pun.

PMP Ukrida juga telah bekerja sama dengan Google dalam aplikasi “Google Apps for Education” dimana seluruh dosen, karyawan, dan mahasiswa Ukrida mendapatkan fasilitas email dengan kapasitas penyimpanan unlimited. Situs e-learning Ukrida merupakan situs pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan aplikasi Google. Dengan login ke situs e-learning Ukrida, seluruh aplikasi google secara otomatis terkoneksi dan dapat digunakan. Situs e-learning Ukrida dikenal dengan Ukrida Virtual Class (UVC). Ukrida juga menerapkan paperless education melalui penggunaan ebook untuk mendukung konsep Go Green demi kelestarian lingkungan. Kuliah pakar, baik dari dalam maupun luar negeri juga dilakukan dengan menggunakan teknologi Video Conference yang memungkinkan mahasiswa di beberapa lokasi kampus Ukrida dapat mengikuti perkuliahan secara bersamaan.

Pengembangan konsep pembelajaran berbasis teknologi ini juga didukung dengan fasilitas berupa Studio Pembelajaran yang merupakan hasil dari hibah Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta (PHP-PTS) Dikti Tahun 2013. Studio ini berfungsi sebagai studio untuk pembuatan berbagai media pendukung pembelajaran, seperti modul online, animasi, video pembelajaran, dan media pembelajaran lainnya. Selain itu, PMP Ukrida juga sudah menyiarkan TV streaming, diberi nama Ukrida TV, yang dapat diakses di www.ukrida.tv.

Selain media elektronik (TV), PMP Ukrida juga menerbitkan media cetak bernama Ukrida newsletter. Ukrida newsletter merupakan majalah kampus pertama yang menerapkan teknologi Augmented Reality (AR).

Beberapa acara yang telah diselenggarakan oleh Pusat Media Pembelajaran (PMP):tim pmp

  • Talkshow “Indonesia’s Internet Economy”
  • Ukrida-Google Festival (U Go Fest) 2013
  • Workshop “Developing Effective Teaching and Learning Plan”
  • Training Blog
  • Diskusi Buku I, II, III
  • Workshop Problem Based Learning
  • Short Movie Contest
  • Berbagai Seminar

 

Get Ready to be Transformed with Technology!

Universitas Kristen Krida Wacana
UKRIDA 50

Universitas Kristen Krida Wacana

  • Kampus I
    Jl. Tanjung Duren Raya no. 4, Jakarta Barat
    Telp. 021 566 6952
    Fax. 021 566 6956
  • Kampus II
    Jl. Arjuna Utara no. 6, Jakarta Barat
    Telp. 021 5694 2061
    Fax. 021 563 1731
  • Kampus III
    Kokan Permata Blok A no. 6-8
    Jl. Boulevard Bukit Gading Raya
    Kelapa Gading – Jakarta Utara
    Telp. 021 294 50 999
    Fax. 021 294 51 374
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…