“We are not create engineers only,
but we create more than the Future Leaders”

Teknik Sipil adalah suatu bagian dari ilmu teknik yang mempelajari tentang kontruksi infrastruktur; terkait dengan analisis, perencanaan, desain, pengembangan, penggunaan, pemeliharaan, pengelolaan dan perbaikan infrastruktur. Infrastruktur yang dimaksud, diantaranya termasuk jalan tol, jembatan penghubung antar pulau dan antar kota, rel kereta api, pelabuhan, bandara, bangunan bertingkat tinggi, bendungan, drainase perkotaan, bendungan pengaman pantai, sarana transportasi dan juga termasuk saluran irigasi.

Karya-karya yang dihasilkan oleh Insinyur Sipil mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari, hal ini dapat kita lihat mulai dari tempat tinggal yang kita huni, jalan kita yang kita lalui setiap hari, sarana transportasi yang kita naiki, fasilitas umum yang kita gunakan, gedung bertingkat dan pusat-pusat perbelanjaan/mall yang kita masuki, proyek-proyek raksasa yang bermunculan dari berbagai belahan dunia, jembatan penghubung antar pulau, sampai air bersih yang kita konsumsi sehari-hari.

Jurusan Teknik Sipil Ukrida didirikan dan sudah memulai penyelenggaraannya sejak tahun 1978. Saat ini di usia yang ke 35 Jurusan Teknik Sipil Ukrida siap dengan mantap mengikuti perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar untuk menyediakan sarjana-sarjana teknik sipil yang memiliki kemampuan dibidangnya dan memiliki dedikasi serta kemampuan soft skill yang baik. Jurusan Teknik Sipil Ukrida memiliki dosen-dosen yang terdiri dari pengajar, peneliti dan  praktisi di bidang teknik sipil, yang bekerja sebagai kontraktor, konsultan, serta tenaga ahli dari departemen Pekerjaan Umum. Untuk selalu memberikan pengetahuan terkini, Jurusan Teknik Sipil Ukrida mengundang dosen tamu mulai dari tingkat nasional sampai dengan internasional baik sebagai pembicara dalam kegiatan Professional Talk sampai dengan seminar dan workshop.

Keinginan untuk menciptakan sarjana- sarjana teknik sipil yang siap memasuki proyek-proyek global, membuat Jurusan Teknik Sipil Ukrida senantiasa mengembangkan jejaring nasional dan internasional yang tergabung dalam asosiasi profesi, perusahaan konstruksi di tingkat nasional dan internasional. Di samping itu pembekalan pendidikan soft skill dan bahasa asing, serta kemampuan berorganisasi yang senantiasa diberikan merupakan salah satu upaya untuk melahirkan pemimpin-pemimpin masa depan yang berkualitas.

Sarana dan prasarana perkuliahan yang modern dan memenuhi kebutuhan masa depan mulai dari ruang kelas , multimedia, serta laboratorium teknik sipil yang lengkap, merupakan komitmen penuh dari Jurusan Teknik Sipil Ukrida bagi penjaminan kepuasan dan mutu pendidikannya.

Dalam upaya memberikan pendidikan lapangan langsung kepada mahasiswa, Jurusan Teknik Sipil Ukrida mengadakan  kunjungan lapangan ke proyek-proyek konstruksi dimana mahasiswa dapat melihat dan belajar langsung di lapangan terkait mata kuliah yang sedang diambil.

Di samping kunjungan tersebut, Jurusan Teknik Sipil Ukrida memiliki suatu unit kegiatan yang diberi nama HOME CLINIC, yang merupakan kegiatan bagi mahasiswa dan didukung serta berkolaborasi dengan para alumni yang sudah bekerja sebagai sebagai praktisi, entrepreneur di bidang kontraktor dan konsultan, serta diampu oleh dosen Jurusan Teknik Sipil Ukrida. Kegiatan ini merupakan suatu arena pelatihan bagi mahasiswa untuk menyelesaikan proyek-proyek riil di lapangan, dimana mahasiswa dilibatkan secara penuh dalam kegiatan ini. Keuntungan yang didapatkan oleh mahasiswa adalah sebagai latihan kerja nyata sebelum memasuki dunia kerja dan dapat menambahkan referensi dalam portfolio mereka kelak. Kegiatan Home Clinic ini merupakan salah satu upaya Jurusan Teknik Sipil Ukrida dalam menciptakan professional mandiri di bidang teknik sipil.