Pecinta Alam Ukrida (Palada) adalah sekelompok mahasiswa Ukrida yang gemar alam, atau katakanlah kumpulan dari sekelompok orang yang mencintai kehidupan di alam bebas. Ia merupakan suatu organisasi atau lebih jauh merupakan suatu masyarakat tersendiri, yang mempunyai aturan-aturan dan norma-norma, baik itu yang tertulis maupun tidak, namun berlaku dan dihormati.

Gagasan untuk mendirikan Pencinta Alam Ukrida (Palada) dicetuskan oleh sekelompok mahasiswa yang sebagian besar adalah Pengurus Senat Mahasiswa Falkutas Ekonomi Periode 1990/1991, yang pada waktu itu diketuai oleh Sdr. Yusak Sudarso dan mendapat dukungan penuh dari Pembantu Dekan III Fakultas Ekonomi, Bpk. Drs. Anton Nomleni dan Pembantu Rektor III, Bpk. Agustinus Titi, S.H. Gagasan ini kemudian terlaksana dengan diadakannya Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) I pada tanggal 20 – 26 Januari 1991, kemudian diresmikan berdiri pada tanggal 26 januari 1991 bertepatan dengan pelantikan Angkatan pertama Palada.

Pengembaraan di gunung-gunung dan hutan-rimba yang lebat, juga jurang-jurang serta tebing-tebing curam disadari atau tidak tentu akan memberi pengaruh pada bentuk karakter pribadi seseorang. Berbagai rintangan yang dihadapi di dalam pengembaraan akan membuat seseorang menjadi lebih tabah, tidak mudah putus asa. Di tengah kebesaran alam, keindahan dan mungkin juga keganasannya, seorang anggota Palada akan semakin menyadari keagungan Tuhan Sang Maha pencipta. Selama kurang lebih 20 tahun, mungkin baru sedikit yang telah Palada sumbangkan kepada masyarakat yang dirasakan langsung. Sejak berdirinya, Palada berusaha merintis dan mengembangkan kegiatan yang menyangkut alam bebas, juga pertolongan yang lebih dikenal dengan sebutan SAR (Search and Resque).

Palada juga telah berusaha mengembangkan berbagai pengetahuan dan kegiatan-kegiatan hidup di alam bebas seperti pendakian gunung, tebing terjal, penjelajahan hutan, SAR, dan lain-lain.

Beberapa kegiatan yang pernah Palada lakukan, antara lain berbentuk ekspedisi berskala nasional, juga membantu program kerja kegiatan Senat Mahasiswa Ukrida.

Di bidang gunung hutan, Palada sudah melakukan ekspedisi pendataan maupun penjelajahan gunung-gunung di Indonesia. Tahun 1992, Palada telah menjelajahi gunung-gunung di Pulau Jawa, Bali dan Lombok (Ekspedisi Jabalo 1992) dan berhasil menjejak puncaknya. Palada juga telah melakukan penjelajahan pada gunung-gunung di Pulau Sumatera (Ekspedisi Swarnadwipa).

Di bidang tebing terjal, Palada mengadakan latihan-latihan di tebing Ciampea, Klapa Nunggal (Bogor), Citatah (Bandung), dan lain-lain. Palada juga membantu dalam kegiatan Senat Mahasiswa yang menyangkut dengan alam, misalnya Study Camp and Social Action (SCASA), Lintas Alam Kebun Teh (sebagai tim survei dan advance). Selain itu, banyak perjalanan kecil lain yang dilakukan oleh Palada di seluruh pelosok tanah air.

Puji syukur, Palada memiliki dinding/wall sendiri yang telah berdiri sejak 2006 di Kampus II Ukrida. Hingga saat ini, wall ini merupakan salah satu sarana yang dapat kami gunakan sebagai latihan. Palada juga pernah mengadakan wall climbing competition sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas.

Struktur Organisasi
Ketua                 : Anita Tresia H.
Sie. Operasi       : Yuda Sianturi
Sie. Logistik       : Kartika Hardjaloka
Sie. Kurikulum  : Ria Damayanti

Bagaimana menjadi Palada ?

Persyaratan Peserta:

  1. Mahasiswa Ukrida yang terdaftar.
  2. Mengisi formulir pendaftaran dan tes mengenai Palada.
  3. Mengembalikan isian formulir pendaftaran dan tes mengenai Palada kepada panitia.
  4. Melakukan pendaftaran ulang.
  5. Mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar).