Program Soft Skills

Direktorat Pengembangan Karakter (DPK) bertanggungjawab dalam menyusun, mengelola dan mengembangkan program-program soft-skills di UKRIDA. Dalam melaksanakan tugas dan fungsi tersebut, DPK menyadari perlunya menterjemahkan konsep pendidikan dan pengembangan kepribadian yang ada dalam UU no.20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, UU no.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Perpres no.8 tahun 2012 tentang KKNI, dan Permenristekdikti no.44 tahun 2015 tentang SN Dikti (SNPT).

Dalam UU no.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1.1 dan 1.2, dijelaskan bahwa “Pendidikan adalahusahasadardanterencana untumewujudkan suasanbelajar daprosepembelajaran agapeserta didisecara aktimengembangkan potensdirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri,kepribadian, kecerdasan, akhlakmulia,sertaketrampilanyangdiperlukandirinya,masyarakat,bangsadannegara.” Dalam perumusan ini dapat dicermati pentingnya dimensi spiritual keagamaan, kepribadian dan akhlak mulia yang dapat menjadi pendukung bagi hard skills (kemampuan akademis). Disamping itu disebutkan juga bahwa pendidikan di Indonesia diselenggarakan dengan “berakarpadanilai-nilaiagama, kebudayaanasionaIndonesidatanggaterhadatuntutaperubahazaman” yang sejalan dengan visi dan misi UKRIDA dalam rangka menghasilkan profesional mandiri yang kristiani.

Dalam UU no.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi di Indonesia, dipandang perlu memerhatikan prinsip-prinsip humaniora yang menghargai nilai-nilai intrinsik manusia. Dalam Pasal 58.1 disebutkan bahwa perguruan tinggi adalah wadah pembelajaran untuk mendidik calon pemimpin bangsa, pusat kajian kebajikan dan kekuatan moral, dan pusat pengembangan peradaban bangsa. Dalam konteks ini salah satu tujuan pendidikan tinggi adalah “berkembangnyapotensimahasiswaagar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YangMaha Esadan berakhlak mulia ,sehat,berilmu, cakap, kreatif,mandiri,terampil,kompeten, dan berbudayauntukkepentingan bangsa.” (Pasal 5a.)

Di dalam Perpres no.8 tahun 2012 tentang KKNI dideskripsikan bahwa kualifikasi umum bagi semua jenjang pendidikan dijabarkan sebagai bertaqwa, bermoral, nasionalis, sosial, berbudaya, dan menjunjung hukum dan kepentingan bangsa. Sedangkan dalam Permenristekdikti no.44 tahun 2015 tentang SN Dikti (SNPT) disebutkan bahwa kriteria minimal dari sikap seorang lulusan adalah kepribadian yang menunjukkan “perilaku benar dan berbudaya sebagai hasil dariinternalisasi danaktualisasinilaidannormayang tercermin dalamkehidupanspiritualdansosial” (Pasal 6.1). Sedangkan dalam lampirannya disebutkan bahwa sikap yang diharapkan dari lulusan tercermin dalam religiusitas ketaqwaannya, kemanusiaan berdasarkan agama, moral dan etika, menjunjung tinggi Pancasila, nasionalisme, berbudaya, kepekaaan sosial, taat hukum, internalisasi norma akademik, bertanggung jawab dan kemandirian serta semangat kewirausahaan. Dalam ketrampilan umum seorang sarjana disebutkan memiliki kemampuan untuk berpikir secara logis dan sistematis, mampu menerapkan ilmunya dengan nilai-nilai humaniora, terampil menulis dengan baik, bijak mengambil keputusan, dapat bekerjasama dan memimpin bawahan, memiliki kesadaran diri serta mampu melakukan dokumentasi dengan menghindari praktek plagiarisme.

Dalam rangka mendukung dan turut menterjemahkan prinsip-prinsip pendidikan yang diamanatkan oleh UU dan peraturan lainnya maka dikembangkan serangkaian kebijakan mengenai program pengembangan soft-skills bagi seluruh mahasiswa UKRIDA. Sasaran umum program soft skill adalah untuk membentuk kepribadian yang unggul sehingga dimampukan untuk menjadi profesional yang memenangkan masa depan.

 

 

UKRIDA 200px
 

Universitas Kristen Krida Wacana

  • Kampus I
    Jl. Tanjung Duren Raya no. 4, Jakarta Barat
    Telp. 021 566 6952
    Fax. 021 566 6956
  • Kampus II
    Jl. Arjuna Utara no. 6, Jakarta Barat
    Telp. 021 5694 2061
    Fax. 021 563 1731
  • Kampus III
    Kokan Permata Blok A no. 6-8
    Jl. Boulevard Bukit Gading Raya
    Kelapa Gading – Jakarta Utara
    Telp. 021 294 50 999
    Fax. 021 294 51 374
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…