Kurikulum Program Studi Akuntansi

Kurikulum Program Studi Akuntansi adalah KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi), yang bertujuan untuk menghasilkan sarjana yang kompeten yaitu mampu menguasai ilmu dan ketrampilan  serta mengaplikasikannya dan disesuaikan dengan kebutuhan stakeholders. Berdasarkan Keputusan Mendiknas No. 045/U/2002 pasal 1 disebutkan, bahwa Kompetensi adalah seperangkat tindakan cerdas, penuh tanggungjawab yang dimiliki seseorang sebagai syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas di bidang pekerjaan tertentu.

Kurikulum program studi akuntansi dirancang untuk dapat mencapai visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan  dan ditinjau setiap 2 tahun sekali disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Proses belajar mengajar dilaksanakan dalam berbagai bentuk antara lain : (1) perkuliahan tatap muka, (2) bimbingan oleh dosen pembimbing, (3) Konsultasi dengan pimpinan program studi, (4) konsultasi dengan pimpinan fakultas, (5) Konsultasi dengan dosen penasihat akademik, (6) interaksi antara mahasiswa dengan mahasiswa serta mahasiswa dengan sivitas akademika. Dalam setiap awal pekuliahana, dosen selalu menyampaiakan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) atau Silabus kepada mahasiswa. Satuan Acara Perkuliahan tersebut selalu diperbaharui oleh koordinator mata kuliah pada setiap semester. Proses pembelajaran yang baik telah menghasilkan lulusan dengan tingkat penyelesaian yang singkat (rata-rata 3,5 tahun – 4 tahun) dengan rata-rata indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,04.

Suasana akademis terbentuk melalui kegiatan perkuliahan, bimbingan, konsultasi dan interaksi antara mahasiswa dengan mahasiswa dan dengan dosen-dosen serta sivitas akademika lainnya. Interaksi dosen dengan mahasiswa antara lain melalui kegiatan tatap muka, pembimbingan, konsultasi, seminar, lokakarya, simposium atau kuliah umum di lingkungan program studi akuntansi. Interaksi mahasiswa dengan dosen juga dilakukan dengan mengikutsertakan mahasiswa dalam penelitian dosen. Fasilitas akademik dirancang untuk dapat dimanfaatkan secara optimal dan dapat diakses dengan mudah. Fasilitas pendukung proses belajar mengajar sebagian besar terintegrasi  dalam satu lokasi di universitas sehingga sangat memudahkan mahasiswa untuk melaksanakan studinya.

Universitas Kristen Krida Wacana
UKRIDA 50

Universitas Kristen Krida Wacana

  • Kampus I
    Jl. Tanjung Duren Raya no. 4, Jakarta Barat
    Telp. 021 566 6952
    Fax. 021 566 6956
  • Kampus II
    Jl. Arjuna Utara no. 6, Jakarta Barat
    Telp. 021 5694 2061
    Fax. 021 563 1731
  • Kampus III
    Kokan Permata Blok A no. 6-8
    Jl. Boulevard Bukit Gading Raya
    Kelapa Gading – Jakarta Utara
    Telp. 021 294 50 999
    Fax. 021 294 51 374
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…