Profil Program Studi Teknik Elektro

 

Terakreditasi "B"SK BAN PT No. 1917/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2017

INTELLIGENT SYSTEM AND ROBOTICS 

Handphone, mobil listrik, drone, printer 3D, robot dan produk elektronik yang ada di sekeliling kamu adalah hasil inovasi di bidang elektronika. Jika kamu tertarik untuk berinovasi terutama di bidang elektronika, mari bergabung dengan Teknik Elektro UKRIDA.

Di Teknik Elektro UKRIDA, kamu akan dipersiapkan untuk menjadi "the next inventor" terutama dalam bidang Intelligent System dan Robotik. Intelligent System dan robotik adalah gabungan sistem mekanik dan elektronik yang telah dilengkapi dengan sensor, actuator dan mikrokontroler sehingga sistem tersebut dapat mengambil "smart" decision dan melakukan "smart" action berdasarkan pengolahan data-data dari sensor. Dengan pengetahuan di bidang tersebut, kamu akan dipersiapkan untuk menghadapi era Industri 4.0 dalam mendesign dan membuat "smart" product untuk "smart" factory.

Apa yang akan kamu pelajari :

Di Teknik Elektro UKRIDA, mahasiswa akan dilatih untuk menjadi inventor-inventor mandiri yang dapat mendesign dan membuat smart product. Untuk itu kita telah menyiapkan struktur mata pelajaran sebagai berikut :

Pada tahun pertama dan kedua, mahasiswa kita akan dipersiapkan dengan pengetahuan-pengetahuan dasar di bidang elektronika untuk membangun fondasi awal mereka.

Di tahun ketiga, mahasiswa kita akan diajarkan cara mengaplikasikan pengetahuan dasar yang mereka dapatkan. Teknik elektro UKRIDA mempunyai Mata Kuliah seperti Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI), Robotics, Mechatronics, Microcontroller, Image Processing, Digital Signal Processing dan masih banyak lagi Mata Kuliah lain untuk mengimplementasikan dasar-dasar elektronika yang telah kamu pelajari. Selain itu, mahasiwa juga boleh memilih 2 mata kuliah pilihan untuk menunjang ke arah riset yang akan dilakukan di tahun ke-4.

Pada tahun ke-4, mahasiswa dipersiapkan untuk menghadapi dunia kerja. Pada tahun ke-4 ini mahasiswa akan diajarkan tentang technopreneurship, wawasan profesi dan research experience. Program ini ditujukan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam memilih karir sesudah kelulusan. Kamu bisa menjadi Technopreneur yang membangun perusahaan teknologi start-up, menjadi professional yang berkecimpung di bidang industri atau menjadi pelaku riset untuk perkembangan dunia elektronika.

BIOMEDICAL ENGINEERING 

Biomedical Engineering (BME) Ukrida menyiapkan mahasiswa untuk dapat menjawab tantangan akan perkembangan ilmu kedokteran modern yang sangat pesat yang menuntut adanya peran teknologi. Saat ini, penggunaan teknologi maju dan terbaru dalam diagnosis,pengobatan, dan rehabilitasi masalah kesehatan manusia tidak dapat dihindari lagi. Alat-alat kesehatan modern seperti MRI, CT scan, mesin dialisis, stent (ring) pembuluh darah jantung, dan 3D printer organ membutuhkanengineering skill dalam pengadaan dan pengoperasiannya.

Konsentrasi BME Ukrida menggabungkan pengetahuan di bidang kedokteran dan teknik dalam menyelesaikan permasalahan kesehatan. Cara-cara penggunaan dan pengembangan peralatan diagnosis, monitoring, implantasi, dan Artificial Intelligence (AI) untuk kesehatan akan dipelajari di BME. Mahasiswa akan dilatih untuk menjawab tantangan dari perkembangan dunia kedokteran modern, mulai dari bagian preventif, kuratif, hingga rehabilitasi.

Mahasiswa lulusan ini akan bekerjasama dengan tenaga ahli di bidang kedokteran dan farmasi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Program BME ini adalah program studi kolaboratif antara program studi Teknik Elektro dan Fakutas Kedokteran Ukrida. Fokus program studi ini adalah Clinical Engineering, Biomedical Informatics,dan Medical Devices.

    Mengapa harus belajar Biomedical Engineering? 

  1. Teknologi akan menguasai masa depan dunia 
  2. Teknologi akan menjadi kebutuhan primer pelayanan kesehatan dunia
  3. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran (Iptekdok) yang sangat cepat (megaspeed)

UKRIDA 200px
 

Krida Wacana Christian University

  • Campus I
    Jl. Tanjung Duren Raya no. 4, West Jakarta
    Telp. 021 566 6952
    Fax. 021 566 6956
  • Campus II
    Jl. Arjuna Utara no. 6, West Barat
    Telp. 021 5694 2061
    Fax. 021 563 1731
  • Campus III
    Kokan Permata Blok A no. 6-8
    Jl. Boulevard Bukit Gading Raya
    Kelapa Gading – North Jakarta 
    Telp. 021 294 50 999
    Fax. 021 294 51 374
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…