Saturday, 28 July 2018 10:22

How to Write for Mass Media Training

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

training mass media 1Menyebarluaskan ide, gagasan, maupun opini merupakan salah satu tugas dari perguruan tinggi. Untuk itu, seorang dosen dituntut untuk mampu menuangkan ide, gagasan, maupun opini melalui media tulisan. Publikasi ide, gagasan, maupun opini dapat dilakukan melalui berbagai media yang ada saat ini, bukan hanya terbatas pada media cetak, melainkan juga media elektronik. Berbagai media elektronik dan media sosial yang tersedia saat ini memungkinkan penyebaran ide, gagasan, maupun opini secara lebih efektif dan efisien. Selain meningkatkan reputasi dari penulis, penyebarluasan ide, gagasan, maupun opini juga akan meningkatkan reputasi perguruan tinggi secara keseluruhan.

Learning Resource Center (LRC) sebagai unit yang mewadahi pengembangan pembelajaran, memfasilitasi peningkatan keterampilan dosen, salah satunya dalam menuangkan ide, gagasan, maupun opini melalui media massa. training mass media 2Sebagai implementasi fungsi tersebut, pada tanggal 27 Juli 2018, Learning Resource Center (LRC) menyelenggarakan Training “How to Write for Mass Media” bagi para dosen Ukrida. Adapun pelatihan dibawakan oleh Sabar Subekti, wartawan dan penulis di media Satu Harapan. Training berlangsung dari pukul 09.00 hingga 15.00, diikuti oleh para dosen dari berbagai program studi di Ukrida. Di samping para dosen, beberapa orang mahasiswa dari kelas Creative Writing juga turut hadir di dalam training ini. Training dibuka dengan Kata Sambutan dari Kepala LRC, Eddy Wijanto, S.T., M.T. yang mengingatkan kembali akan pentingnya peran perguruan tinggi dalam penyebarluasan ide, gagasan, dan opini. Pada sesi I, pembicara membuka wawasan peserta dengan memberikan contoh-contoh ide dan gagasan dari kejadian serta fenomena yang ada di sekeliling masyarakat. Pada sesi II, pembicara memberikan wawasan terkait dengan teknik penulisan yang baik. Training ditutup dengan penyerahan plakat dari Wakil Rektor I, Amelia Makmur, S.T., M.T. kepada pembicara.

training mass media 3Melalui training ini diharapkan para dosen dapat mengembangkan dan menuangkan ide, gagasan, maupun opini melalui berbagai media yang tersedia. Dari training ini, para peserta berkomitmen untuk bergabung di dalam Komunitas Menulis Ukrida sebagai wadah untuk menghasilkan berbagai tulisan di media massa.

 

If you want to be a writer, you must do two things above all others:
read a lot and write a lot

Read 607 times Last modified on Tuesday, 31 July 2018 01:46
UKRIDA 200px
 

Krida Wacana Christian University

  • Campus I
    Jl. Tanjung Duren Raya no. 4, West Jakarta
    Telp. 021 566 6952
    Fax. 021 566 6956
  • Campus II
    Jl. Arjuna Utara no. 6, West Barat
    Telp. 021 5694 2061
    Fax. 021 563 1731
  • Campus III
    Kokan Permata Blok A no. 6-8
    Jl. Boulevard Bukit Gading Raya
    Kelapa Gading – North Jakarta 
    Telp. 021 294 50 999
    Fax. 021 294 51 374
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…