Friday, 24 February 2017 02:51

Hidup Sehat Bersama Diabetes

Written by 
Rate this item
(0 votes)

artikel simposium awamDalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Emas UKRIDA, Fakultas Kedokteran akan menyelenggarakan seminar diabetes dan lokakarya untuk pasien dan keluarganya (awam). Hal tersebut berkaitan dengan meningkatnya jumlah penderita diabetes di Indonesia. Seperti telah kita ketahui bersama bahwa penyakit diabetes mellitus (DM) merupakah salah satu penyakit kronis yang sering diderita oleh masyarakat di Indonesia, merupakan suatu penyakit dimana kadar glukosa dalam darah seseorang berada dalam keadaan tinggi. DM dikenal dengan sebutan penyakit gula darah tinggi atau kencing manis.

DM terdiri dari 2 (dua) tipe: tipe 1 merupakan penyakit keturunan dan biasanya muncul pada usia muda, sedangkan tipe 2 merupakan penyakit yang paling sering disebabkan oleh gaya hidup serta pola makan yang tidak baik. Secara umum, hampir 80% prevalensi DM adalah tipe 2. Diperkirakan penyakit ini akan meningkat sebanyak 50% dalam kurun waktu 10 (sepuluh) tahun yang akan datang bila tidak ada tindak lanjut pencegahan.

Seiring berkembangnya waktu, obat antidiabetes dikategorikan dalam obat yang penggunaannya membutuhkan kewaspadaan tinggi. Ketidak patuhan pasien melakukan tatalaksana diabetes akan memberikan dampak negative yang sangat besar meliputi penurunan kondisi fisik, komplikasi penyakit lain hingga menyebabkan kematian. Memang di Indonesia Diabetes merupakan penyebab kematian no.3 setelah stroke dan penyakit jantung. Penyakit ini tergolong murah dalam segi biaya untuk melakukan terapi namun akan bertambah besar bila terjadi komplikasi yang bisa menyerang banyak organ tubuh lainnya.

Oleh karena itu informasi yang tepat diperlukan oleh pasien agar pasien patuh dan menggunakan obat dengan benar. Bagi keluarga pasien dan anggota masyarakat lainnya informasi yang benar tentang pola makan yang benar akan dapat mencegah terjadinya DM dan pentingnya olahraga untuk menunjang pola hidup sehat. Bantuan Hidup Dasar merupakah langkah-langkah penting yang harus dilakukan oleh seseorang bila menghadapi keadaan kegawat daruratan sampai bantuan medis datang.

Oleh karena itu dalam rangka Hari Ulang Tahun Emas UKRIDA, Fakultas Kedokteran bermaksud mengadakan Simposium awam, Workshop Bantuan Hidup Dasar, P3K dan Imunisasi serta lomba senam Diabetes dalam menghadapi kondisi darurat. Acara ini terbuka bagi masyarakat umum untuk berpartisipasi, terutama dalam rangka meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan mencegah diabetes.

Read 1015 times Last modified on Wednesday, 29 March 2017 07:29
Universitas Kristen Krida Wacana
UKRIDA 50

Krida Wacana Christian University

  • Campus I
    Jl. Tanjung Duren Raya no. 4, West Jakarta
    Telp. 021 566 6952
    Fax. 021 566 6956
  • Campus II
    Jl. Arjuna Utara no. 6, West Barat
    Telp. 021 5694 2061
    Fax. 021 563 1731
  • Campus III
    Kokan Permata Blok A no. 6-8
    Jl. Boulevard Bukit Gading Raya
    Kelapa Gading – North Jakarta 
    Telp. 021 294 50 999
    Fax. 021 294 51 374
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…