Unit Pendidikan Holistik

Unit Pendidikan Holistik yang semula dikenal dengan PPK berdiri pada bulan September 2012 berdasarkan SK Rektor No. 1321/SK/UKKW/R/VIII/2012 tentang Perubahan Nama Pusat Pengembangan Kepribadian (PPK) menjadi Unit Pendidikan Holistik (UPH).

Membentuk pribadi yang tidak hanya unggul dalam bidang keilmuannya, namun juga mengasihi diri, Tuhan dan sesamanyaUnit Pendidikan Holistik UKRIDA
Unit Pendidikan Holistik (UPH) adalah unit antar fakultas yang bertanggung jawab untuk menyelenggarakan semua mata kuliah umum di lingkungan Universitas Kristen Krida Wacana. Matakuliah yang dikelola oleh UPH mencakup Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN), Filsafat, Kepemimpinan, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Visi

Menjadi mitra program studi dalam pembelajaran matakuliah umum universitas.

 

Misi

  1. Mengembangkan kurikulum matakuliah umum berbasis kompetensi.
  2. Menyelenggarakan proses pembelajaran dan suasana akademik yang bermutu , dinamis , kreatif dan inovatif untuk mencapai kompetensi lulusan yang diharapkan.
  3. Melakukan penulisan ilmiah, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang terkait dengan bidang pengembangan kepribadian.
  4. Memberdayakan sumber daya manusia di lingkungan UPH untuk pengembangan diri dan profesi.
  5. Melaksanakankan tata pamong, kepemimpinan, dan sistem penjaminan mutu.

 

Tujuan

  1. Merancang kurikulum KBK MPK untuk pengembangan mahasiswa UKRIDA secara holistik.
  2. Meningkatkan kompetensi mahasiswa melalui peningkatan mutu pembelajaran, pendayagunaan program e-learning, pengintegrasian program kemahasiswaan, dan peningkatan sistem evaluasi MPK.
  3. Meningkatkan iklim akademis melalui diskusi ilmiah, karya tulis ilmiah, dan program pengabdian masyarakat.
  4. Melaksanakan program pelatihan dan seminar terbuka untuk pengembangan diri dosen dan mahasiswa.
  5. Merencanakan dan melaksanakan anggaran, kurikulum, dan evaluasi sesuai dengan KPI UPH.

 

Pendidikan Holistik

Tuntutan agar perguruan tinggi menghasilkan lulusan dengan spesialisasi dibidangnya menyebabkan tersegmentasinya pengetahuan. Mahasiswa kurang berminat untuk mempelajari mata kuliah umum dan hanya berkonsentrasi pada mata kuliah yang relevan dengan pengembangan profesinya setelah lulus (Benson, 2012). Dalam kondisi ini pendidikan merupakan sebuah solusi agar lulusan UKRIDA khususnya memiliki pengetahuan dan keahlian spesialis dengan baik dan memahami kaitan serta pengaruhnya diluar bidang keahliannya.

Pemahaman bahwa manusia terdiri atas tubuh, jiwa, dan roh merupakan konsep dasar pendidikan holistik. Delapan prinsip pendidikan holistik menurut The World Council of Churches (WCC) (Schreiner et al., 2005) adalah sebagai berikut:

  • Berpusat pada iman bahwa Tuhan adalah pencipta dan pemelihara hidup.
  • Merupakan pendidikan untuk transformasi.
  • Berkaitan dengan pengembangan manusia seutuhnya dalam komunitas.
  • Menghargai keunikan dan kreatifitas manusia dan komunitas serta keterkaitannya.
  • Memampukan partisipasi aktif dalam komunitas dunia.
  • Mempertegas bahwa kerohanian adalah pusat kehidupan, karenanya merupakan pusat pendidikan.
  • Mendukung praksis baru (refleksi dan aksi): knowing, teaching, dan learning.
  • Berkaitan dan berinteraksi dengan berbagai macam pendekatan dan sudut pandang.

Landasan Alkitab untuk pendidikan holistik bersumber pada pemahaman bahwa:

  • Allah menciptakan manusia menurut gambarNya agar manusia dapat bertanggung jawab atas dan mengelola alam semesta (Kejadian 1:26-27).
  • Dia telah menganugerahkan kepada kita Roh Allah dan menjadikan kita manusia rohani yang dapat memahami pikiranNya (1 Korintus 2:12-16).
  • Ada keterkaitan antara iman, pengetahuan, dan hidup. Bahwa iman itu timbul dari pendengaran oleh Firman Kristus (Roma 10:17).
  • Tanpa perbuatan iman itu hakekatnya mati (Yakobus 2:17; 1:22-25).

Dalam perspektif pendidikan secara umum, pendidikan holistik tidak mengacu pada satu pendekatan atau teori tertentu melainkan integrasi dari berbagai nilai yang mendukung pandangan bahwa segala fenomena dan eksistensi di alam saling terkait (Schreiner et al., 2005). Pendidikan holistik merupakan upaya berkesinambungan untuk memahami kompleksitas dan pemenuhan hidup manusia. Beberapa teori pendukung pendidikan holistik diantaranya Multiple Intelligences (Howard Gardner), Emotional Intelligence (Daniel Goleman), Relational Consciousness (David Hay & Rebecca Nye), Constructivism & Constructivist Learning (Piaget, Vygotsky, Glasersfeld), Integral Philosophy (Ken Wilber).

Tantangan yang kini dihadapi oleh penyelenggara matakuliah umum secara global adalah meningkatkan kesadaran Civitas Akademika akan pentingnya matakuliah umum (Benson, 2012). Untuk membekali lulusan perguruan tinggi agar siap terjun kedalam kehidupan bermasyarakat dan dunia kerja, matakuliah umum dan pengetahuan budaya yang tergabung dalam rumpun MPK mempunyai peranan yang sama pentingnya dengan pengetahuan dan keahlian profesional.

Di UKRIDA, luaran MPK yang diharapkan adalah pribadi yang tidak hanya unggul dalam bidang keilmuannya, namun juga mengasihi diri, Tuhan dan sesamanya. Mahasiswa UKRIDA yang telah lulus MPK diharapkan menyatakan kasihnya melalui sikap dan karya yang nyata bagi masyarakat disekitarnya. Mereka juga diharapkan terus bertumbuh sebagai pembelajar sepanjang hayat.

 

KONTAK KAMI

UPH UKRIDA
UKRIDA Kampus I Gedung E Lt. 2
Jl. Tanjung Duren Raya no. 4  Jakarta Barat 11470
Telp. 021-5666952 (Ext 1136)
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Universitas Kristen Krida Wacana
UKRIDA 50

Krida Wacana Christian University

  • Campus I
    Jl. Tanjung Duren Raya no. 4, West Jakarta
    Telp. 021 566 6952
    Fax. 021 566 6956
  • Campus II
    Jl. Arjuna Utara no. 6, West Barat
    Telp. 021 5694 2061
    Fax. 021 563 1731
  • Campus III
    Kokan Permata Blok A no. 6-8
    Jl. Boulevard Bukit Gading Raya
    Kelapa Gading – North Jakarta 
    Telp. 021 294 50 999
    Fax. 021 294 51 374
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…