Profil Program Studi Sistem Informasi

Pada Era Revolusi Informasi yang dimulai awal tahun 1990-an, perguruan tinggi se-dunia banyak mendirikan dan mengembangkan program studi yang berfokuskan pada teknologi informasi, terutama perguruan tinggi di Indonesia. Program studi yang berfokus pada teknologi informasi yang terkenal di Indonesia adalah Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Kedua program studi tersebut memang memiliki dasar dari teknologi informasi, namun learning outcome atau capaian pembelajaran serta ranah ilmu yang mereka dapatkan dari proses perkuliahan sangat berbeda.

Teknik informatika (TI) menginduk pada ilmu komputer, yang pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Sedangkan, Sistem Informasi (SI) merupakan irisan ilmu dari IT dan Management atau bisnis, dimana ilmu yang dipelajari merupakan konsep teori dan strategi penerapan sistem informasi dalam organisasi, terutama dalam kaitannya dengan proses penciptaan, pengolahan, penyimpanan, pendistribusian, dan pengawasan data/informasi/knowledge di seluruh tataran dan ruang lingkup organisasi.

Fokus kompetensi keilmuan Program Studi SI UKRIDA menekankan pada pemanfaatan teknologi informasi Sistem Informasi Bisnis sebagai solusi dalam berbagai permasalahan pada perusahaan. Uniknya, program studi SI UKRIDA bersifat aplikatif dimana mahasiswa akan terjun langsung untuk mengaplikasikan berbagai sistem perusahaan (enterprise system) yang banyak digunakan oleh organisasi bisnis saat ini.

Dalam hal pembelajaran, Program Studi SI UKRIDA lebih berfokus kepada menganalisa kebutuhan dan proses bisnis perusahaan, serta mampu menghasilkan sistem yang sesuai untuk perusahaan berdasarkan tujuan perusahaan. Penerapan sistem pembelajaran interaktif (blended learning) memungkinkan mahasiswa dapat berperan secara aktif dalam proses belajar mengajar dengan dukungan laboratorium komputer yang memadai serta dosen yang handal sesuai kompetensi.

Program studi SI UKRIDA juga mempersiapkan para lulusan untuk mendapatkan prospek karier yang lebih luas sehingga lulusan tidak ingin hanya memiliki satu potensi karier saja. Lulusan dari Program Studi Sistem Informasi dapat berperan sebagai Sistem Designer/ Developer, Programmer, Bisnis / System Analyst, Mobile Apps Developer, Web Developer, IT Operational Manajer, Database Administrator, Administrator Jaringan/ Web, Manajer E-bisnis, Business Solution Consultan, Sistem Development Consultant, Auditor SI di berbagai macam industri, manufaktur, retail, keuangan, perbankan, layanan publik, pemerintahan dan lain-lain.

UKRIDA 200px
 

Krida Wacana Christian University

  • Campus I
    Jl. Tanjung Duren Raya no. 4, West Jakarta
    Telp. 021 566 6952
    Fax. 021 566 6956
  • Campus II
    Jl. Arjuna Utara no. 6, West Barat
    Telp. 021 5694 2061
    Fax. 021 563 1731
  • Campus III
    Kokan Permata Blok A no. 6-8
    Jl. Boulevard Bukit Gading Raya
    Kelapa Gading – North Jakarta 
    Telp. 021 294 50 999
    Fax. 021 294 51 374
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…