Psikologi

Profil Program Studi Psikologi

Status Terakreditasi BTerakreditasi BAN-PT SK No. 242/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XII/2013

Program Studi Psikologi UKRIDA didirikan pada tahun 2002, dan di tahun yang sama proses belajar mengajar untuk angkatan pertama dimulai.

Pendirian program studi ini merupakan respon dari Universitas Kristen Krida Wacana terhadap kebutuhan masyarakat akan profesional-profesional dalam bidang Psikologi, yaitu ilmu yang mempelajari tingkah laku dan proses-proses mental manusia di berbagai konteks.

Mengacu pada Pola Ilmiah Pokok Ukrida yaitu Health Sciences, maka Program Studi Psikologi UKRIDA memilih Psikologi Klinis sebagai dasar keilmuan yang akan dikembangkan, dengan menerapkannya secara makro (di level komunitas, masyarakat dan kebijakan), maupun secara mikro (di level keluarga dan individu).

Eligibilitas Program Studi Psikologi

Status : Terakreditasi B
SK BAN-PT No. 242/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XII/2013
Fakultas : PSIKOLOGI
Berdiri : 2002
Gelar Sarjana : Sarjana Psikologi (S.Psi.)
Alamat : Kantor Fakultas Psikologi
Kampus I Universitas Kristen Krida Wacana, Gedung E Lt. 2
Telp. : (021) 566 6952 ext. 1204
Fax : (021) 566 6952
Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Visi dan Misi Program Studi Psikologi

VISI

Visi dari Program Studi Psikologi UKRIDA adalah:

“Program Studi Sarjana Psikologi yang unggul dalam Penelitian Akademik di bidang Psikologi Klinis berdasarkan Nilai-Nilai Kristiani di tahun 2020”

 

MISI

Untuk mencapai visi tersebut maka misi yang diemban adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan sarjana psikologi berbasis evidence based learning, collaborative learning dan experential learning.

  2. Mendampingi mahasiswa untuk mampu melaksanakan penelitian sesuai kaidah ilmu Psikologi serta mempublikasikan hasil penelitian yang berorientasi pada Psikologi Klinis Terapan Mikro dan Makro.

  3. Melibatkan mahasiswa untuk melayani dan memberdayakan masyarakat melalui aplikasi Psikologi Klinis Terapan Mikro dan Makro.

  4. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat berdasarkan Nilai-Nilai Kristiani dan Kode Etik Psikologi.

Keunggulan Program Studi Psikologi

Kualitas proses pendidikan merupakan prioritas kami, karena dari situlah akan lahir Sarjana Psikologi yang bermutu dan berdayaguna di masyarakat. Hal ini tercermin dari:

  1. Akreditasi B yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

  2. Dosen-dosen yang merupakan lulusan-lulusan terbaik program Magister dan Doktoral Psikologi ternama di tingkat nasional dan internasional.

  3. Proses belajar yang variatif (experiential learning, collaborative learning) sesuai sifat dan tujuan materi pembelajaran.

  4. Program magang sebagai salah satu mata kuliah wajib sehingga mahasiswa memiliki kesempatan mengalami dunia kerja sebelum lulus.

  5. Kesempatan bagi mahasiswa yang berprestasi untuk menjadi asisten dosen di mata kuliah-mata kuliah yang diminati.

  6. Diskusi ilmiah, seminar dan pelatihan terkait psikologi diadakan secara rutin untuk memperluas wawasan dan meningkatkan keterampilan civitas.

  7. Kurikulum yang terus dipantau, dievaluasi dan disesuaikan dengan tuntutan dunia kerja.

  8. Atmosfer kekeluargaan dalam interaksi antara dosen, karyawan, mahasiswa, alumni, orangtua, sehingga kampus menjadi tempat yang kondusif untuk optimalisasi potensi setiap civitasnya.

  9. Mahasiswa difasilitasi untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya melalui unit kegiatan mahasiswa yang aktif berkegiatan dan berprestasi pada aspek kerohanian (Persekutuan Mahasiswa), olahraga (futsal, basket), seni (band musik, tari), cerdas cermat dan lomba debat psikologi.

  10. Pusat Layanan Psikologi UKRIDA sebagai biro psikologi yang aktif memberikan layanan pemeriksaan dan intervensi psikologi di bidang industri-organisasi, pendidikan, keluarga, anak dan remaja; merupakan ajang mahasiswa dan dosen mengasah kemampuan diagnostik psikologi.

  11. Kemitraan dengan perusahaan, institusi pendidikan formal dan informal, institusi sosial (gereja, panti asuhan, panti wreda, LSM), dan institusi pemerintahan (kecamatan, puskesmas), sebagai laboratorium hidup untuk penelitian dan aplikasi psikologi di masyarakat.

Universitas Kristen Krida Wacana
UKRIDA 50

Universitas Kristen Krida Wacana

  • Kampus I
    Jl. Tanjung Duren Raya no. 4, Jakarta Barat
    Telp. 021 566 6952
    Fax. 021 566 6956
  • Kampus II
    Jl. Arjuna Utara no. 6, Jakarta Barat
    Telp. 021 5694 2061
    Fax. 021 563 1731
  • Kampus III
    Kokan Permata Blok A no. 6-8
    Jl. Boulevard Bukit Gading Raya
    Kelapa Gading – Jakarta Utara
    Telp. 021 294 50 999
    Fax. 021 294 51 374
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…