Prodi Teknik Industri

Prodi Teknik Industri

Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

2118 v8VzvbZsPCjnJw6dmXVBBcBAEDr. Thedy Yogasara, Staf Pengajar sekaligus Dekan Fakultas Teknologi Industri, UNPAR, mempresentasikan pandangannya dalam salah satu sesi Guest Lecture Series di Program Studi Teknik Industri, UKRIDA, 25 Februari 2019. Kehadiran Dr. Thedy Yogasara ini merupakan salah satu buah tindak lanjut atas kerjasama “Lecturer Exchange program” antara UKRIDA-UNPAR.

2118 Janb2XymROajuY00XFRuGHSupPresentasi Dr. Thedy Yogasara, berjudul "Ergonomics & Design for Special Populations," mengeksplorasi dasar-dasar teoretis dan metodologis terkait bagaimana mengakomodasi perbedaan fisiologis manusia dalam desain produk yang digunakan sehari-hari. Dr. Thedy Yogasara juga menekankan pentingnya penerapan “Fit the Jobs/Products to the man” dalam desain, sehingga manusia dapat bekerja dengan aman, nyaman, dan efektif.

Lebih fokus lagi, presentasi Dr. Thedy Yogasara menekankan pada desain berbasis ergonomi bagi “special groups”, seperti wanita hamil, orang tua, penyandang disabilitas, dan anak-anak. Fokus presentasi menunjukkan pentingnya desain bagi “special groups” ini agar mereka dapat beraktivitas secara mandiri.

Menutup presentasinya, Dr. Thedy Yogasara memberikan tips bagi mahasiswa bagaimana memulai suatu tahapan desain produk berbasis ergonomi, dimulai dari ideas generation hingga user evaluation.

2118 40sfoLQ7bihHx lVn7ykybK2c

Dr. Ferry Jie, Associate Professor dibidang Supply Chain Management dari Edith Cowan University, Perth, Australia, berbagi pandangan dan pengetahuan tentang perkembangan revolusi industri 4.0 melalui kuliah umum di Program Studi Teknik Industri, UKRIDA pada 30 Januari 2019 yang lalu.

2116 5yOeV2sh0VLUw39PRv3hvCSRh

Selama presentasinya, Dr. Ferry Jie membahas perkembangan penelitian-penelitian terkait Internet of Things (IoT) dan perannya terhadap peningkatan kualitas hidup manusia, serta bagaimana IoT akan terus berperan dalam perubahan metode produksi, rantai pasok, maupun pemasaran produk. Dr. Ferry Jie juga membahas bagaimana IoT telah mendominasi sistem rantai pasok di Australia, dan bagaimana IoT ini telah menjadi bagian integral dari perubahan hubungan manusia dan mesin, prosedur operasi bisnis, dan strategi pemasaran konsumen.

2116 Z6g 5t2qgDw3yu1 RJjTDSiht

"Akses internet ke kepemilikan bisnis di Australia telah mampu mendorong produktivitas," kata Dr. Ferry jie. "Tetapi bagi Indonesia, khususnya, adalah fenomena yang relatif baru, dan perlu mendapat perhatian lebih intensif, agar manfaatnya lebih terasa ke semua lapisan masyarakat. Mahasiswa bisa menjadikan IoT sebagai topik penelitiannya, mengingat topik ini akan terus menjadi prioritas dalam 10 tahun mendatang".

UKRIDA 200px
 

Universitas Kristen Krida Wacana

  • Kampus I
    Jl. Tanjung Duren Raya no. 4, Jakarta Barat
    Telp. 021 566 6952
    Fax. 021 566 6956
  • Kampus II
    Jl. Arjuna Utara no. 6, Jakarta Barat
    Telp. 021 5694 2061
    Fax. 021 563 1731
  • Kampus III
    Kokan Permata Blok A no. 6-8
    Jl. Boulevard Bukit Gading Raya
    Kelapa Gading – Jakarta Utara
    Telp. 021 294 50 999
    Fax. 021 294 51 374
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…