Sabtu, 14 Juli 2018 00:00

Evaluation Design Training

Written by 
Rate this item
(0 votes)

3Di dalam dunia pendidikan, evaluasi pembelajaran merupakan salah satu tahapan dalam rangkaian proses pembelajaran yang memegang peranan penting. Tenaga pendidik dituntut untuk mampu melakukan Evaluasi terhadap proses pembelajaran yang telah diberikan kepada peserta didik. Pada hakikatnya evaluasi tidak hanya dilakukan pada akhir proses pembelajaran, melainkan merupakan proses berkelanjutan sepanjang pelaksanaan pembelajaran.

Pada dasarnya, evaluasi pembelajaran adalah proses pengukuran dan penilaian terhadap suatu pembelajaran dimana seorang pendidik mengukur atau menilai peserta didik dengan menggunakan alat tes. Tujuan evaluasi adalah untuk melakukan observasi terhadap proses belajar peserta didik, apakah sudah sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dirancang dan diterapkan, mengecek hasil belajar peserta didik apakah masih terdapat kekurangan atau tidak dalam proses pembelajaran, mencari solusi dari kekurangan yang dialami peserta didik, serta menyimpulkan seberapa jauh penguasaan peserta didik terhadap kemampuan akhir yang ditargetkan.

1aDalam rangka membekali para dosen serta para calon dosen, Ukrida melalui Learning Resource Center (LRC) sebagai unit yang mewadahi pengembangan pembelajaran, menyelenggarakan Learning Evaluation Design Training pada tanggal 13 Juli 2018. Pada kesempatan training kali ini menghadirkan Dr. Heru Santosa, S.Pd., M.Pd. sebagai trainer. Kegiatan training diawali oleh Sambutan dari Wakil Rektor II, Ibu Dra. Mina Sulastri, M.S. Training yang berlangsung dari pukul 09.00 hingga 15.00 terbagi dalam dua sesi. Pada sesi pertama, Dr. Heru Santosa, S.Pd., M.Pd. menyampaikan tentang standar penilaian, baik standar patokan maupun normatif. Bapak Heru mensimulasikan proses penilaian, dilanjutkan dengan praktik oleh para peserta.

Pada sesi kedua, Dr. Heru Santosa, S.Pd., M.Pd. menyampaikan materi tentang analisis butir soal. Pada sesi ini peserta berlatih untuk menganalisis efektifitas dari setiap soal yang telah dirancang. Peserta training yang berasal dari berbagai program studi, termasuk para calon dosen Program Studi Keperawatan terlihat sangat antusias dengan berbagai pertanyaan yang diajukan dalam sesi diskusi dan tanya jawab. Kegiatan training diakhiri dengan penyerahan plakat dan sertifikat oleh Kepala LRC, Eddy Wijanto, S.T., M.T.

2bMelalui training ini diharapkan para dosen maupun para calon dosen menguasai proses perancangan evaluasi pembelajaran serta mampu menganalisis hasil evaluasi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran.

All Assessment is a Perpetual Work in Progress
Read 127 times Last modified on Jumat, 19 Oktober 2018 07:17
UKRIDA 200px
 

Universitas Kristen Krida Wacana

  • Kampus I
    Jl. Tanjung Duren Raya no. 4, Jakarta Barat
    Telp. 021 566 6952
    Fax. 021 566 6956
  • Kampus II
    Jl. Arjuna Utara no. 6, Jakarta Barat
    Telp. 021 5694 2061
    Fax. 021 563 1731
  • Kampus III
    Kokan Permata Blok A no. 6-8
    Jl. Boulevard Bukit Gading Raya
    Kelapa Gading – Jakarta Utara
    Telp. 021 294 50 999
    Fax. 021 294 51 374
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…