Rabu, 23 September 2015 00:00

Mengubah Potensi menjadi Prestasi

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

ubc

Dunia bisnis sangat diminati oleh kaum muda karena memberikan waktu yang fleksibel daripada bekerja menjadi seorang karyawan di sebuah perusahaan. Namun untuk menjadi seorang pengusaha/entrepreneur sukses, tidaklah instan. Perlu adanya pengalaman, pengetahuan, wawasan dan juga networking.Hal ini lah yang menjadikan perlu dan penting adanya pembelajaran seputar bisnis di dalam sebuah universitas. Oleh karena itu, Ukrida membentuk sebuah unit yang dinamakan Ukrida Business Center yang bertujuan untuk mendidik mahasiswa memiliki pengalaman di dunia bisnis.

 

Sejarah Ukrida Business Center

Ukrida Business Center diresmikan pada tanggal 8 Maret 2010 oleh Dekan Fakultas Ekonomi Ukrida. Di samping acara peresmian, juga diadakan workshop kewirausahaan dengan tema “Prepared Your Self to be A Good Entrepreneur” oleh Ferdinand Boedi Poewoko, Dr. Ir. PE. Ukrida Business Center merupakan wadah bagi mahasiswa Ukrida untuk berlatih menjalankan suatu bisnis dalam rangka turut mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara mandiri. Ukrida Business Center mendorong, menumbuhkan dan mengembangkan semangat kewirausahaan kepada mahasiswa. Mahasiswa tidak hanya belajar di dalam ruang perkuliahan saja, tetapi juga praktiknya.

Ukrida Business Center dahulu dikenal dengan nama Pojok Bisnis FE. Perubahan nama dalam unit ini memberikan pengertian bahwa Ukrida Business Center tidak terbatas pada bidang usaha tertentu saja, tetapi mencakup segala jenis usaha, agar mahasiswa dapat menyalurkan berbagai macam ide sehingga dapat lebih berinovasi dan berpikir kreatif. Tentunya tidak hanya ide saja, tapi mahasiswa menyalurkan ide mereka dengan langsung mempraktikkannya. Mahasiswa diarahkan tidak hanya untuk menjadi seorang karyawan pada sebuah perusahaan setelah mereka lulus nanti, tetapi bagaimana untuk menjadi seorang pengusaha. Dalam hal ini, mereka bertanggung jawab penuh akan berlangsungnya operasional di dalam Ukrida Business Center.

Ukrida Business Center yang sering kami singkat menjadi UBC, memulai bisnisnya dengan mendapatkan pinjaman modal dari Bank INA Perdana. Para mahasiswa yang tergabung di dalam UBC tidak dibatasi hanya untuk mahasiswa fakultas ekonomi saja. Namun juga terbuka untuk fakultas lain yaitu fakultas psikologi dan fakultas teknik dan ilmu komputer. Di mana dalam sebuah bisnis yang mereka jalankan, mereka dapat bersinergi satu sama lain dengan bekal ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan di kelas perkuliahan. Contohnya, mahasiswa jurusan akuntansi dapat belajar dalam menyusun Laporan Keuangan, di mana setiap akhir bulan mereka wajib memberikan laporan kepada koordinator UBC. Mahasiswa jurusan manajemen dapat belajar tentang pemasaran, mahasiswa jurusan psikologi dapat belajar bagaimana mengelola sumber daya manusianya, dan fakultas teknik dapat membantu kesulitan-kesulitan yang menyangkut teknologi informasi. Bahkan saat ini banyak bisnis yang dijalankan melalui media website, facebook, dan lain sebagainya yang menyangkut dunia TI (Teknologi Informasi). Mahasiswa harus mampu mengelola modal yang ada. UBC dijalankan oleh mahasiswa dan tentunya untuk mahasiswa juga, sebagai bekal pengalaman mereka setelah mereka lulus kuliah nanti. Semua hasil yang mereka dapatkan adalah bergantung dari seberapa besar usaha mereka dalam menjalankan bisnis tersebut.

 

Visi dan Misi

UBC memiliki visi untuk menjadi unit yang mampu mengembangkan keahlian mahasiswa di bidang service management dengan misi menyediakan tempat pelatihan bagi mahasiswa untuk berwirausaha. Mahasiswa juga akan dibimbing untuk menjadi seorang event organizer dengan mengadakan berbagai kegiatan seperti bazaar kewirausahaan dan business competition.

 

Slogan UBC

UBC memiliki slogan yaitu “Mengubah Potensi Menjadi Prestasi”. Kami percaya bahwa setiap mahasiswa di Ukrida memiliki potensi, yaitu berupa talenta dan bakat atau keterampilan yang Tuhan sudah berikan kepada kita, tetapi setiap potensi yang ada di dalam diri mahasiswa tidak akan dapat menjadi prestasi kalau tidak ada yang namanya proses. Jadi dalam hal ini UBC membantu memproses setiap potensi yang ada dalam diri mahasiswa untuk menghasilkan prestasi yang membanggakan.

 

Aktivitas di UBC

Aktivitas yang dilakukan mahasiswa UBC adalah mulai dari mencari ide bisnis (dengan melihat peluang, sasaran, hambatan, pangsa pasar, dlsb), survey pemasok, survey harga, menentukan harga jual, belajar bagaimana mempromosikan suatu barang, bagaimana berfikir ketika barang yang dijual kurang laku atau hampir expired, melakukan stok opname secara rutin, sampai pada membuat laporan keuangan dengan menggunakan software akuntansi Accurate. Mahasiswa juga mendapatkan pengalaman tentang kedisiplinan, ketelitian, kepemimpinan, tanggung jawab, keberanian, kebersihan, kerapian dan yang pasti pengalaman menjalankan usaha dan mungkin masih ada lagi pengalaman lainnya.

 

Program UBC

Secara berkala UBC mengadakan kelas pelatihan bisnis yang mendatangkan para pembicara yang berpengalaman di dunia bisnis. UBC juga memiliki sebuah program mentoring bagi para mahasiswa yang ingin mulai menjalankan usaha namun butuh bimbingan/binaan, atau mahasiswa yang telah menjalankan usaha namun butuh bimbingan untuk mengembangkan usahanya. Mentoring ini mencakup berbagai aspek, mulai dari perencanaan bisnis, marketing, keuangan, kepemimpinan, dan masih ada lagi topik yang lain. UBC juga sering mengadakan Business Competition dimana perserta competition harus mengirimkan proposal bisnisnya, dipresentasikan di depan juri, melakukan implementasi dari proposal yang ditulis dan membuat laporan akhir hasil penjualan serta dipresentasikan kembali.

 

Bidang Usaha yang dijalankan UBC

        UBC bergerak dalam bidang usaha dagang, manufaktur dan jasa. Usaha yang UBC jalankan saat ini adalah menjual berbagai kebutuhkan warga Ukrida khususnya mahasiswa, yaitu  bermacam-macam alat tulis, text book, berbagai jenis makanan dan minuman, pulsa, pakaian, penyewaan loker, jasa print, jilid, jasa pengemasan skripsi dalam bentuk CD dan harapannya dapat berkembang lagi. UBC memiliki beberapa mitra usaha, diantaranya PT. Coca Cola Company, Penerbit Salemba Empat, PT. Visi, dan masih banyak mitra yang lain.

 

Kerjasama UBC

UBC bekerja sama dengan sebuah yayasan yang bernama SINAR FOUNDATION (Yayasan Sinar Cemerlang). Sinar Foundation adalah yayasan non-profit yang menitikberatkan tujuannya pada pengembangan kewirausahaan dan kepemimpinan di Indonesia. Diresmikan oleh Hary Djaja, Zacheus Indrawan, Jose Carol, Beti P. Santoso dan Hendra Chiang pada tahun 2011. Info mengenai Sinar Foundation dapat dilihat pada link berikut ini www.sinar.org.

 

 

Ukrida Business Center

Ukrida Junction, Gedung E Lt. 2

Jl. Tanjung Duren Raya No.4

Jakarta Barat 11470

Telp (021) 5666952 ext 1139

Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Read 5336 times Last modified on Rabu, 23 September 2015 10:34
UKRIDA 200px
 

Universitas Kristen Krida Wacana

  • Kampus I
    Jl. Tanjung Duren Raya no. 4, Jakarta Barat
    Telp. 021 566 6952
    Fax. 021 566 6956
  • Kampus II
    Jl. Arjuna Utara no. 6, Jakarta Barat
    Telp. 021 5694 2061
    Fax. 021 563 1731
  • Kampus III
    Kokan Permata Blok A no. 6-8
    Jl. Boulevard Bukit Gading Raya
    Kelapa Gading – Jakarta Utara
    Telp. 021 294 50 999
    Fax. 021 294 51 374
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…